Tutorial Membuat Kalender pada Adobe Illustrator

  • CTRL + N untuk membuat Project baru atau membuat lembar kerja baru atau bisa juga dengan pilih File > New. Untuk ukuran kalian bebas disini saya memakai ukuran 32 x 42. 

 
  • Akan muncul lembar kerja seperti ini.
  • Pilih Rectangle Tool untuk membuat kotak, dan beri warna.
  • Buatlah Cover Kalender sesuai keinginan kalian. Berikut contoh yang saya buat hanya memakai Rectangle Tool dan warna.

                                       
  • Masukan foto atau hiasan gambar lainnya. Dengan cara ke File > Place atau tambahkan tittle sesuai keinginan kalian. Contohmya seperti ini.

  • Buat Cover se kreatif kalian, jika sudah selesai.

  • Lanjut membuat kalender. ke Document Setup > Edit Artboards > Ok. Tambahkan lembar kerja dengan ukuran yg sama pada awal seperti ini.

  • Beri warna sesuai selera pada lembar kerja.

  • Buat hiasan pada Kalender, disini saya membuat bingkai hanya dengan menggunakan Rectangle Tool dan Tittle.

  • Dan untuk tanggal pada kalender saya membuat dengan manual. 
Lalu duplikat nama Hari dengan cara tahan Alt lalu Drag, dan ganti dengan Angka untuk Tanggal.


  • Disini aku beri warna pada tanggal-tanggal tertentu agar lebih mudah diingat. Jangan lupa juga untuk memberi keterangan pada masing masing warna pada bagian Kalender.

  • Terakhir, save project kita dan export.


  • Dan ini hasilnya!
TERIMAKASIH, SEMOGA KALIAN SUKA :) 
Mohon maaf bila ada yang tidak dimengerti, saya disini pun masi tahap pembelajaran:) 
Thank You Guys!



Komentar